Mengisi Kemerdekaan : Dirgahayu Republik Indonesia ke-74


Kemerdekaan merupakan buah perjuangan para pahlawan yang gigih melawan penjajahan kolonial dan mendorongnya keluar dari tanah air. 

Berkorban semuanya, mulai harta benda, tahta, tenaga bahkan nyawa pun dikorbankan. Semua itu merupakan pengorbanan yang besar. 

Kemerdekaan bukan hanya untuk mereka, namun untuk generasi generasi seterusnya.

Sudah sepatutnya kita menaruh hormat pada para pahlawan. Jangan sampai kita yang sekarang sudah mengecap kemerdekaan menjadi lupa dan tak lagi sadar bahwa ada andil besar para pahlawan pendahulu yang gigih memperjuangkan kemerdekaan.


Entah, berapa jumlah total nyawa yang melayang saat itu. Yang kita tahu sekarang tinggal sebagian kecil sejarah yang sanggup didokumentasikan. Kita hanya menikmati hasil jerih payah mereka, dan dengan santai membaca sejarah perjuangan mereka sambil duduk di depan komputer atau membaca buku diteras rumah sambil minum kopi tanpa perlu khawatir di sergap serdadu penjajah.

Jadi, kita seharusnya sadar, perjuangan para pahlawan terdahulu masih berlanjut, dan kita generasi sekarang ini adalah penerus estafet perjuangan mereka. Perjuangan kita adalah melawan kebodohan, melawan kebohongan, melawan kriminalisme, melawan narkoba dan kenalan remaja. Dan masih banyak lagi yang mesti kita jaga. Menjaga keutuhan dan kerukunan bangsa, menjaga kerukunan beragama, menjaga kedaulatan NKRI, menjaga ideologi pancasila dan lain lain.



Tentunya jangan sampai kita mengotori kemerdekaan ini dengan berbuat buruk, melanggar hukum ataupun merusak jati diri bangsa.

Banggalah menjadi bagian dari INDONESIA, masa depan bangsa ada di pundak kita.


Komentar